Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Para ulama berbeda pendapat tentang jumlah ayat dalam Al-Qur'an. Ada yang mengatakan 6.000 pendapat

Para ulama berbeda pendapat tentang jumlah ayat dalam Al-Qur'an. Ada yang mengatakan 6.000 pendapat pula yang menyebut 6.024, 6.225, 6.236, dan 6.666. Ibnu Katsir mengatakan jumlah ayat Al-Qur'an ada 6.000 ayat lebih. Sementara menurut mazhab Kufy jumlah ayat Al-Qur'an adalah 6.236 ayat.

a. Apakah perbedaan jumlah ayat tersebut mempengaruhi isi Al-Qur'an? Mengapa demikian?

b. Apakah faktor yang mempengaruhi perbedaan ayat Al-Qur'an di kalangan para ulama? Jelaskan.

Jawab:

a. Perbedaan pendapat mengenai jumlah ayat dalam Al-Qur'an sebenarnya tidak berpengaruh terhadap kandungan Al-Qur'an itu sendiri. Al-Qur'an yang diakui secara universal oleh umat Islam saat ini adalah mushaf yang disusun selama masa Khulafaur Rasyidin, berdasarkan bimbingan langsung dari Nabi Muhammad Saw. Mushaf ini terdiri dari 114 surah dengan jumlah ayat yang telah ditentukan. Meskipun ada variasi kecil dalam penomoran ayat-ayat tertentu di beberapa mushaf Al-Qur'an, perbedaan tersebut tidak mengubah kandungan teks Al-Qur'an itu sendiri. Isi dan ajaran yang terkandung dalam Al-Qur'an tetap sama dalam setiap versi dan edisi yang ada saat ini.

b. Sebab-sebab perbedaan jumlah ayat pada kalangan ulama yaitu: perbedaan dalam menentukan batas ayat Al-Qur’an, perbedaan dalam menentukan status basmalah dan fawatihusuwar (huruf pembuka surah).

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Para ulama berbeda pendapat tentang jumlah ayat dalam Al-Qur'an. Ada yang mengatakan 6.000 pendapat"